BoE monetary report

BoE pada November 2019 mengubah nama Inflation Report menjadi Monetary Policy Report. Laporan ini memberikan proyeksi BoE untuk inflasi dan pertumbuhan ekonomi selama 2 tahun ke depan. Gubernur BoE juga akan mengadakan konferensi pers untuk membahas konten laporan setelah rilis.

BoE Monetary Policy Report akan dirilis pada Kamis Malam (30/01/2020) waktu Indonesia. Ini tentunya akan membuat shake GBP/USD di awal rilis dan saat Gubernur BoE pidato pada konferensi pers.

Laporan ini juga memberikan pandangan tentang kondisi ekonomi & inflasi serta faktor kunci yang akan membentuk kebijakan moneter & mempengaruhi keputusan tingkat suku bunga mereka di masa depan.

Ini adalah salah satu alat utama yang digunakan MPC untuk berkomunikasi dengan investor tentang kebijakan moneter. Suku bunga dan langkah kebijakan lainnya, bersama dengan komentar tentang kondisi ekonomi yang mempengaruhi suara mereka.

Yang paling penting adalah laporan ini membahas tentang prospek ekonomi dan menawarkan petunjuk tentang hasil pemungutan suara di masa depan.

Diwaktu bersamaan BoE juga akan merilis MPC Bank Rates Vote, laporan ini berisi hasil rapat Member MPC BoE tentang tingkat suku bunga untuk setiap anggota MPC selama pertemuan terbaru.

Rincian ini memberikan wawasan ke mana anggota mengubah sikap mereka tentang suku bunga dan seberapa dekat komite untuk memberlakukan perubahan suku bunga di masa depan.

Suku bunga jangka pendek adalah faktor terpenting dalam penilaian mata uang. Keputusan suku bunga biasanya dihargai oleh para pelaku pasar, sehingga cenderung dibayangi oleh Ringkasan Kebijakan Moneter

Ini membuat Cable akan shake untuk beberapa sesaat setelah rilis dan saat pidato Gubernur, kemudian menemukan arah pergerakan yang sebenarnya.

BoE Monetary Policy Report & Cut Rates

Laporan yang akan dirilis sehari sebelum Inggris meninggalkan Uni Eropa akan menjadi perhatian para pelaku pasar tentang seberapa dekat pemangkasan suku bunga oleh BoE.

BoE lebih dekat untuk memotong suku bunga minggu ini daripada dalam tiga tahun terakhir, ketika Gubernur memimpin pertemuan kebijakan terakhirnya dan Inggris akhirnya meninggalkan Uni Eropa.

Bahkan beberapa survey oleh media berita ternama bahwa BoE akan melakukan pemangkasan suku bunga pada 30/01/2020 yang akan di rilis dalam Laporan tersebut.

BoE diperkirakan akan menerapkan suku bunga rendah menjadi 0.50% dari sebelumnya 0.75%. Pasar keuangan melihat pemangkasan suku bunga pada 30 Januari peluangnya sekitar 50%.

Diperkirakan member MPC yang menginginkan pemangkasan suku bunga juga bertambah dari sebelumnya dua member menjadi tiga.

Terakhir kali penurunan suku bunga BoE adalah pada Agustus 2016. Ketika survei bisnis keliru memperkirakan ekonomi berada di jalur perlambatan setelah keputusan referendum Juni 2016 untuk meninggalkan Uni Eropa.

Para Pembuat Kebijakan Moneter

Kebijakan Moneter Bank Of England ditentukan oleh The Bank Monetory Policy atau yang sering disebut MPC.

MPC terdiri dari 9 (sembilan) anggota yakni : Gubernur, 3 Deputy, Chief Economist and Executive Director serta 4 (empat) anggota dari external bank.

Empat anggota eksternal tersebut ditunjuk langsung oleh Kanselir. Penunjukan anggota eksternal ini dirancang untuk memastikan bahwa MPC mendapat manfaat dari pemikiran dan keahlian selain yang diperoleh di dalam BoE sendiri.

Mark Carney : Gubernur Bank of England

Januari akan menjadi pertemuan terakhir gubernur BOE dan pernyataan yang tampaknya dovish yang di buat awal bulan ini meningkatkan harapan bahwa ia mungkin akan mendukung pemangkasan suku bunga.

Namun, masih jauh dari meyakinkan, pidato 9 Januari lalu menekankan perlunya melihat data untuk mengetahui seberapa cepat kepercayaan perekonomian setelah kemenangan pemilihan Johnson.

Desember Vote : Hold

Ben Broadbent : Deputy For Monetary Policy

Member MPC dengan masa kerja terlama dan dipandang sebagai orang yang konsensus serta tidak pernah berbeda dengan suara mayoritas.

Sang Wakil Gubernur pada komentar baru-baru ini di pertemuan tahunan American Economic Association di San Diego lebih fokus pada harapannya bahwa tingkat keseimbangan dapat naik selama beberapa dekade mendatang.

Desember Vote : Hold

Sir David Ramsden Deputy for Markets and Banking

Kelancaran keluar dari UE akan berarti pedoman lama BOE untuk kenaikan suku bunga “terbatas dan bertahap” akan tetap berlaku. Peningkatan investasi dan kenaikan upah menunjuk pada tekanan inflasi domestik.

Penyataan Itu membuatnya menjadi member MPC yang hawkish, tetapi dia menekankan bahwa dia berpikiran terbuka. Ramsden juga dikenal sebagai salah satu dari dua pembuat kebijakan untuk memilih menentang kenaikan suku bunga pada akhir 2017.

Desember Vote : Hold

Jon Cunliffe Deputy for Financial Stability

Memilih untuk menjaga kebijakan tidak berubah pada bulan Desember lalu dan tidak memberikan komentar publik sejak itu. Ia mengingatkan pada Oktober lalu bahwa periode panjang suku bunga rendah berisiko membuat penurunan ekonomi lebih parah.

Sang Deputy For Finacial Stabily ini juga dikenal sebagai member MPC yang tidak terlalu banyak memberikan komentar ke publik.

Desember Vote : Hold

Andy Haldane Chief Economist and Executive Director, Monetary Analysis & Statistics

Dalam komentar terbarunya, Ia lebih memilih untuk mengatasi masalah lama Inggris dengan produktivitas daripada terlibat dalam debat tentang tingkat suku bunga.

Pelaku pasar menganggap lebih hawkish setelah tahun lalu mengatakan untuk mempertahankan suku bunga di tengah ketidakpastian Brexit dan tetap berhati – hati mempertimbangkan pelonggaran kebijakan moneter.

Desember Vote : Hold

Jonathan Haskel  External Member

Ketika BOE merilis laporan pada November, Vote Haskel mengejutkan market dengan vote cut rate.

Dia berpendapat bahwa bertindak lebih cepat untuk saat ini lebih baik daripada harus menunggu nanti.

Desember Vote : Cut

Michael Saunders External Member

Setelah hawkish untuk dua kenaikannsuku bunga BoE terbaru, saat ini ia paling terbuka kepada publik dan menginginkan adanya pemangkasan untuk suku bunga rendah.

Ia berpendapat pada desember bahwa ekonomi saat ini membutuhkan suntikan stimulus, mengutip bukti melemahnya pasar tenaga kerja dan ketidakpastian Brexit yang sedang berlangsung.

Desember Vote : Cut

Gertjan Vlieghe External Member

Belum secara resmi mendukung pemangkasan, Vlieghe telah membuat suara yang semakin dovish selama berbulan-bulan.

Dan sekarang tampaknya di ambang perubahan suaranya. Dia mengatakan bahwa akan memilih pelonggaran moneter pada Januari jika tidak ada tanda-tanda ekonomi membaik setelah pemilihan umum.

Desember Vote : Hold

Silvana Tenreyro External Member

Memberikan komentar yang bernada dovish moderat dan dapat mendukung untuk memberikan suara dan bergabung dengan dua member yang menginginkan pemangkasan suku bunga.

Terlebih Jika ketidakpastian seputar pengaturan perdagangan dan pertumbuhan global yang terus melemah dan membebani permintaan Inggris.

Itulah sembilan Anggota MPC yang membuat dan menetukan kebijakan Moneter Di Bank Of England.

Akhir Kata

Sebaiknya menghindari open posisi pada GBP/USD menjelang dan saat setelah rilis ataupun saat pidato Gubernur BoE karena harga pastinya akan berfluktuasi.

Jika memiliki posisi yang sementara profit usahakan ditutup, karena spread yang melebar bisa saja menyentuh Stop loss. Menunggu hingga harga sudah terlihat kemana arah pergerakannya setelah rilis berita adalah sebuah keputusan yang sangat bijak.

Untuk jadwal dan hasil rilis BoE Monetary Policy Report atau data ekonomi lainnya dapat dicek disini

BoE’s Monetary Policy Report dan Para Pembuat Kebijakan
Tag pada:        

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: