Indikator Teknikal Market Facilitation Index atau dalam MT4 dikodekan dengan simbol BW-MFI. Indikator ini merupakan turunan dari indikator volume tik forex dan merupakan gabungan antara harga dengan volume.

Indikator BW-MFI mampu menguak struktur market lebih dalam dengan menghitung reaksi market terhadap perubahan volume. Caranya yaitu dengan menghitung berapa banyak harga bergerak dalam waktu tersebut.

Indikator BW-MFI (Bill Williams – Market Facilitation Index) ini diciptakan oleh Bill Williams & mulai diperkenalkan dalam bukunya yang berjudul “Trading Chaos”.

Bill Williams menyatakan bahwa naik turunnya volume market menyimpan banyak informasi didalam market, dan bisa menjelaskan tentang respon market terhadap perubahan volume.

Nama yang diberikan Bill William untuk indikator BW-MFI yaitu tick mileage karena kemampuannya menghitung jarak harga dengan volume market. Perubahan yang ditampilkan yaitu per tick.

Bill Williams mendeskripsikan nilai tersebut sebagai keinginan market menggerakkan harga. Karenanya, MFI memakai dua jenis data dalam kalkulasinya, yaitu harga dan volume.

Indikator ini menggunakan rumus matematika sederhana yakni :

BW MFI=(HIGH-LOW)/VOLUME

Dari rumus tersebut diatas menghasilkan suatu nilai tertentu yang dibagi kedalam 4 keadaan atau struktur yang menggambar situasi yang sedang terjadi di dalam market.

Platform trading saat ini yang digunakan oleh trader sudah menyertakan indikator buatan Bill Williams. Trader bisa menemukan indikator BW-MFI di folder Bill Williams dalam folder navigator yang ada di platform trading.

Penggunaan Indikator Teknikal Market Facilitation Index (BW-MFI)

Kebanyakan analisis teknikal setuju bahwa perubahan volume merupakan sinyal kunci yang harus diamati tiap trader. Indikator ini mampu menyediakan petunjuk tentang bagaimana market merespon perubahan volume. Reaksi inilah yang kemudian menjadi petunjuk kunci kondisi market.

Menggunakan indikator BW-MFI tidak harus berfokus pada nilai absolut yang dihasilkan tiap bar misalnya 0.0030 atau 0.0055 tetapi lebih difokuskan pada warna bar yang dihasilkan oleh indikator tersebut.

Empat warna berbeda yang dihasilkan oleh indikator dalam bentuk bar masing – masing menggambarkan situasi yang berbeda yang sedang terjadi didalam market.

Dan diharapkan penggambaran situasi tersebut trader dapat menentukan sikap dalam pengambilan keputusan, apakah entri, exit atau hold posisi trading.

Dengan melihat bar yang ditunjukkan oleh indikator BW MFI trader akan mendapat gambaran terbaik tentang apa yang akan terjadi selanjutnya pada market.

Indikator BW-MFI dapat digunakan sebagai indikator tunggal walaupun mempunyai batasan dalam penggunaan sebagai indikator tunggal

Dapat juga digunakan berpasangan dengan indikator lainnya. Bill Williams merekomendasikan trader agar memadukan indikator BW-MFI dengan indikator fractal.

Cara Membaca Warna Indikator BW-MFI

Secara default bawaan metatrader, BW-MFI menghasilkan 4 warna berbeda yakni hijau, coklat, biru dan pink dengan struktur market berbeda. Tiap warna tersebut digambar sebagai :

Bar Hijau (Lanjut)

Hal ini dapat diartikan bahwa pasar sedang bergerak pada satu arah dan banyak trader yang ikut berpartisipasi di pasar tersebut.

Ini biasanya merupakan sinyal breakout dan posisi terbaik ketika berada pada keadaan ini adalah ikut pada arah yg sedang berlangsung.

Bar Coklat (Memudar)

Menggambarkan bahwa pasar kehilangan minat. Ketika harga semakin naik atau turun, maka makin lama peminatnya semakin memudar.

Hilangnya pergerakan merupakan jeda antara dua pergerakan dalam market. Kekuatan trend sedang jatuh mengikuti volume.

Bar coklat seringkali dapat diamati pada akhir sebuah trend, sehingga kita bisa bersiap – siap untuk keluar market pada keadaan ini dan kondisi tersebut bisa menjadi indikasi permulaan tren baru. 

Bar coklat ini pada beberapa situasi bisa juga berarti pengambilan keuntungan sedang terjadi tanpa adanya hasrat untuk membuka ke arah yang berbeda.

Bar Biru /Fake (Tipuan)

Pergerakan harga yang disebabkan oleh manipulasi dari trader yang berspekulasi, hindari untuk entri pada market dalam kondisi seperti ini.

Trend yang terjadi saat ini tidak didukung dengan volume yang baru, para pemain besar sedang mencoba untuk mendorong harga menjauh dari trend.

Mengakibatkan lonjakan harga yang palsu, mendorong para trader yang masih gugup keluar dari market. Saat bar ini muncul, tunggu dan jangan bereaksi.

Bar Pink / Squat (Jongkok)

Bar terakhir adalah bar dengan warna pink yaitu saat volume naik tapi BW- MFI menunjukkan penurunan, atau diistilahkan dengan squat (jongkok).

Jika bar pink ini muncul, Bill William menjelaskan bahwa ini adalah kondisi terkuat untuk menghasilkan uang.

Squat terjadi karena adanya pertarungan dalam pasar antara pembeli dan penjual dengan volume yang besar, sehingga harga tidak berubah drastis tapi volume tick meningkat.

Salah satu pihak penjual atau pembeli akan memenangkan pertarungan sehingga akan menghasilkan tren lanjutan yang sebelumnya sempat terhenti atau tren baru ke arah berlawanan.

Dalam situasi seperti ini, naiknya volume merupakan sinyal bahwa ada peluang trading yang layak pada market.

Setelah squat diharapkan terjadi pembalikan arah trend. Walaupun semua trend berakhir dengan bar squat, tapi tidak semua bar squat menjadi pertanda akhir dari suatu trend.

Ada dua pilihan standar jika bar pink ini muncul:

  • Kelanjutan dari sebuah trend atau
  • pembalikan arah trend.

Jika bar squat ini muncul bersamaan dengan pinbar atau doji, maka kemungkinan terjadinya pembalikan harga/trend adalah 100%.

Kesimpulan

Pada dasarnya penggunaan indikator BW-MFI ditujukan untuk menyediakan informasi tentang situasi yang terjadi di dalam market sebagai alat bantu untuk pengambilan posisi trading.

Informasi keadaan market disediakan lewat bar yang dihasilkan oleh indikator tersebut. Meski kadang penerapannya sebagai indikator tunggal mempunyai batasan.

Untuk penggunaannya, dari pengalaman saya menggunakan BW-MFI lebih bagus sebagai indikator tunggal dibandingkan harus mencari indikator pendamping.

Alasannya, karena jika menggunakan indikator pendamping sinyal yang diberikan harus menunggu lagi dari indikator pendamping untuk membuka posisi.

Yang perlu diperketat adalah masalah money manajemen, berapa rasio target reward dan risk yang siap ditanggung.

Pada artikel berikutnya saya akan mencoba membagikan sistem trading menggunakan BW-MFI sebagai indikator tunggal untuk mendapatkan beberapa pips sekali transaksi.

Tetap Trading Aman

And

Salam Profit!!!

Indikator Teknikal Market Facilitation Index (BW-MFI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: